Sabtu, 04 Desember 2010

Pilihan Jurnalis: Anand Pecatur Terbaik 2007

16 Mei 2008


Sejak tahun 1967 ratusan jurnalis catur Oscar Chess Awardmemberikan penghargaan Oscar Chess bagi 10 pecatur terhebat dunia. Untuk tahun 2007, 130 pengamat dan ahli catur sepakat memilih juara dunia asal India, Vishy Anand, sebagai pecatur terbaik.
Sementara, urutan kedua ditempati Vladimir Kramnik dan peringkat ketiga disabet Gata Kamsky. Gelar kehormatan ini sendiri merupakan gelar kelima Anand. Perolehan Chess Oscar itu merupakan jumlah terbanyak yang pernah diraih pecatur non-Rusia.
Majalah catur 64-Chess Review melakukan penilaian tahunan untuk mendukung para penulis dan analis memilih 10 pecatur terbaik. Mereka diperbolehkan mengajukan tiga pecatur terbaik menurut versi masing-masing.
Nama-nama pecatur yang masuk menjadi kandidat: Evgeny Alekseev, Vishy Anand, Levon Aronian, Wang Yue, Boris Gelfand, Alexander Grischuk, Vassily Ivanchuk, Gata Kamsky, Magnus Carlsen, Sergey Karjakin, Vladimir Kramnik, Peter Leko, Shakhriyar Mamedyarov, Alexander Morozevich, Teimour Radjabov, Peter Svidler, Veselin Topalov, Ivan Cheparinov, Alexei Shirov dan Dimitry Jakovenko.
Seorang pecatur yang dipilih juri di peringkat pertama akan mendapat 13 poin, tempat kedua 11 poin, tempat ketiga 9 poin, tempat keempat 7 poin, tempat kelima 6 poin dan seterusnya. Pemain yang mendapatkan nilai tertinggi dari jurnalis dan kolomnis catur itulah yang memenangkan penghargaan Chess Oscar 2007.
Alhasil, 222 ahli catur dan jurnalis dari 30 negara memilih Viswanathan Anand sebagai pecatur terbaik 2007.
Anand memenangkan penghargaan ini dengan perolehan 130 suara dan menempatkannya di peringkat pertama. Tempat kedua ditempati Vladimir Kramnik, dan tempat ketiga dihuni Gata Kamsky karena performanya di Kejuaraan Dunia. Namun Anand menempati tempat pertama dari seluruh kandidat.
Penghargaan Chess Oscar ini merupakan penghargaan kelima Anand. Ia pertama kali memperoleh penghargaan ini pada tahun 1997. Lalu tahun 1998. Dua tahun itu Anand memang begitu dominan dengan memenangkan seluruh turnamen, baik catur cepat maupun catur klasik. Ia memenangkan turnamen Groningen (1997), Linares (1998), Tillburg (1998) dan Frankfurt Chess Classic dua tahun berturut-turut.
Penghargaan Oscar Chess ketiganya ia peroleh tahun 2003 menyusul performa gemilangnya tahun 2001 dan 2002. Penghargaan Oscar keempat ia raih lagi tahun 2004 setelah memenangkan turnamen utama untuk catur cepat. Ia juga memenangkan turnamen Chorus dua tahun berturut-turut dan tahun 2006 dia menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan turnamen itu selama lima kali sejak turnamen itu digelar sejak tahun 1970-an.
“Penghargaan Oscar kelima ini membuat saya bahagia,” kata Anand. Itu semua merupakan hasil penampilannya tahun 2007. Tahun lalu Anand menjadi peringkat satu dunia tanpa pernah terkalahkan. Ia mememangkan Mainz Chess Classic untuk ke-10 kalinya dan turnamen Leon untuk ketujuh kalinya.
Vishy AnandPengumuman ini disampaikan editor majalah catur 64-Chess Review terbitan Rusia, Misha Savinov. Mendengar kabar itu dari tempat tinggalnya di Chennai, India, Anand mengatakan, “Saya sangat gembira mendengar kabar itu. Saya rasa hal itu karena performa saya tahun 2007. Para juri yang melakukan pemungutan suara adalah para jurnalis yang mengikuti perkembangan catur dari dekat. Memenangkan penghargaan Oscar memberikan Anda kepuasan bahwa publik menghargai permainan Anda.”
Anand kini menjadi satu-satunya pecatur non-Rusia yang memenangkan Oscar Chess selama lima kali. Bobby Fischer (AS) saja hanya meraih tiga kali dan Bent Larsen (Denmark) hanya sekali. Di antara pecatur top dunia kini hanya Anand yang mengantungi lima kali penghargaan Oscar. Kramnik sendiri dua kali dan Topalov baru sekali.
Penghargaan Chess Oscar dimulai tahun 1967 oleh Jorge Puig. Pemenang pertamanya adalah Bent Larsen dan penghargaan itu diberikan di Madrid. Tahun 1988 Puig wafat dan penghargaan itu tak lagi diberikan hingga 1995.
Para penerima penghargaan itu antara lain Boris Spassky, Anatoly Karpov, dan Gary Kasparov. (CB/SM)
Lihat juga:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar